Kabar Bintan : Sejarah Singkat Poltekkes Tanjungpinang



Pembangunan Kesehatan merupakan bagian yang integral dari pembangunan sumber daya manusia untuk mewujudkan bangsa yang maju, mandiri, dan sejahtera. Pembangunan manusia seutuhnya harus mencakup aspek jasmani dan kejiwaannya, disamping aspek spiritual, kepribadian dan kejuangan untuk itu pembangunan kesehatan ditujukan untuk mewujudkan manusia yang sehat, cerdas, dan produktif.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjungpinang sebagai lembaga penyelenggara pendidikan professional tenaga kesehatan yang dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No. 1988/MENKES/PER/IX/2011 Tanggal 27 September 2011.Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang berwujud Politeknik, dibawa asuhan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Perguruan Tinggi ini berdiri sejak tanggal 1 Januari 2001 dengan Nomor SK PT dan Tanggal SK PT, Politeknik ini berlokasi di Jl. Arif Rahman Hakim No 1 Tanjungpinang, Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau Indonesia.


Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang merupakan poltekkes termuda dari 38 Poltekkes se-Indonesia. Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang berkedudukan di Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau. Terbentuknya Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang tidak terlepas dari sejarah berdirinya Poltekkes Induk yaitu POLTEKKES KEMENKES RIAU yang berkedudukan di Pekanbaru Provinsi Riau. Sering dengan semangat otonomi daerah maka terbentuklah Provinsi Kepulauan Riau yang secara administrasi terpisah dengan Provinsi Riau. Maka pada tahun 2009 rencana pemisahan managemen Poltekkes kemenkes riau dengan managemen Tanjungpinang. Maka tanggal 27 September 2011 secara resmi berdirinya Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjungpinang sebagai Poltekkes baru di jajaran Politeknik Kesehatan Kemenkes Republik Indonesia. Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang memiliki 3 program studi yaitu DIII Keperawatan, DIII kebidanan, dan DIII Kesehatan Lingkungan. Serta di Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang memiliki 5 UKM yaitu UKM Kepramukaan, LDK (Lembaga Dakwah Kampus), Gabnikes (Gabungan Nasrani Poltekkes), English Club dan Bank Sampah.Meskipun Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang masih terbilang muda dibandingkan dengan Poltekkes yang lain, tetapi Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang tidak kalah bagus, dan mampu bersaing dengan Poltekkes lain.

Serta Poltekkes Tanjungpinang juga memiliki prestasi dalam segala hal, baik itu dibidang Akademik maupun Non Akademik.Keunggulan Poltekkes Tanjungpinang dibandingkan dengan Universitas lain di Kepulauan Riau:

1.     Lokasi kampus yang strategis dan mudah terjangkau

2.     Kampus poltekkes kesehatan negeri pertama di provinsi kepulauan riau

3.     Semua program studi telah terakreditas

4.     Dosen yang professional (strata S2 sesuai UU No. 4 Tahun 2005)

5.     Beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu

6.     Ruang kelas yang nyaman serta full AC

7.     Memiliki laboratorium dan perpustakaan

8.     Memiliki asrama putra dan putri

9.     Security 24 jam

src : http://kabarbintan.blogspot.com/2018/03/kabar-bintan-sejarah-singkat-poltekkes.html